11 Tips Membuka Bisnis Service Handphone Untuk Yang Tak Paham Soal Tehnologi


 11 Tips Membuka Bisnis Service Handphone Untuk Yang Tak Paham Soal Tehnologi | HatsuIptek - Dewasa ini bisnis service handpone sudah seperti jamur di musim hujan, tumbuh subur di mana-mana tempat. Anda tahu barang canggih satu ini sudah selayaknya bahan pokok saja. Di sepanjang jalan atau di area manapun, dapat ditemui bahwa orang selalu memegang ponsel.
Keberadaan benda tersebut memang bagaikan magnet yang dapat memikat siapa saja. Mengingat semua itu, tidak terbetikkah di hati Anda ikut bergabung membuka bisnis? Ladang usaha yang sedang booming ini berpotensi dan berprospek bagus di masa yang akan datang.
Seringnya orang menggunakan ponsel, besar kemungkinan gadged mengalami kerusakan. Anda dapat memanfaatkan peluang dengan membuka jasa layanan perbaikan. Tapi sebelum memulai, Anda harus tahu lebih banyak trik-trik berikut ini.

1] Berguru Dengan Yang Telah Sukses

 Sebelum memulai bisnis, tak ada baiknya memikirkan secara matang, menyadari jika diri sendiri belum memiliki skill tentang otak-atik gadged. Anda bisa menimba ilmu dengan berguru kepada orang atau teman, yang telah terlebih dahulu sukses membuka jenis usaha ini. Catat dan mulailah menyusun strategi jitu yang berbeda. Anda tidak harus meniru semua, tapi yang terpenting adalah, secara umum bisnis harus mempunyai sedikit sistem perbedaan pengelolaannya.

2] Tentukan Tempat

 Sama saat ingin memulai bisnis lain, membuka usaha service handphone juga perlu menentukan tempat. Ini erat kaitannya dengan segmen pasar  yang hendak dituju. Tempat paling strategis berada terletak di pinggir jalan, atau berada dalam satu komplek pasar, ruko, mall atau berada dalam deretan bangunan publik. Jangan membuka di rumah sendiri, terkecuali letaknya memang sangat bagus dan menunjang.

3] Mengikuti Pelatihan Atau Kursus

 Mengikuti pelatihan atau kursus adalah keharusan, tak peduli apakah sudah mahir atau belum sama sekali. Untuk memperkuat skill yang dimiliki, agar dapat meminimalisir komplain pelanggan. Bila terjadi kesalahan perbaikan, sudah mempunyai pengalaman dan kemampuan lebih. Anda dapat belajar secara on line maupun off line, dengan cara datang langsung ke tempat guru bersangkutan.

4] Mempersiapkan Tenaga Pembantu

 Bisnis ini berbeda dengan yang lain, tidak dapat dikerjakan sendiri. Setidaknya Anda harus memiliki tenaga ahli untuk membantu. Apalagi bila mengikuti pelatihan juga tidak punya banyak waktu. Pilihlah orang yang benar-benar bisa dipercaya dan cekatan dalam berkerja serta tak terlalu banyak menuntut.

5] Siapkan Modal

 Semua bisnis memakai modal entah besar atau kecil. Membuka usaha service handphone  membutuhkan modal yang tidak sedikit. Untuk sewa counter, membeli perlatan, membayar gaji pegawai serta baiya operasioanal lain.

6] Atur Strategi Bisnis Pendamping

 Biasanya selain membuka jasa layanan service ponsel, pebisnis ini juga mendampinginya dengan jenis usaha lain, seperti : berjualan pulsa, kartu provider SIM, handphone, suku cadang ponsel, dan assesories. Dan bahkan bukan itu saja, mereka terkadang menyandingkan dengan produk yang sama sekali tak ada hubungannya dengan gadged. Misalnya : aneka produk minuman dingin atau softdrink yang kulkasnya diletakkan tak jauh dari meja service, atau pernak-pernik alat tulis, dan camilan ringan.

7] Jangan Mematok Harga Tinggi

 Bila ingin counter Anda ramai pengunjung dan pelanggan, memang Anda harus mau memberikan harga yang cukup bersaing, tapi pelayanan tetap memuaskan. Sistem ini dipercaya mampu memperluas pasar  bila tergolong masih pemula. Terkecuali pemain lama yang sudah terkenal di mana tempat. Tapi harus diingat menjaga kualitas tetap faktor penting bisnis berkembang.
8] Pelayanan Ramah

 Pelayanan ramah menjadi pemicu sebuah bisnis bisa bertahan lama. Sebab kenyamanan selalu menjadi alasan kuat, mengapa seseorang pembeli mau kembali lagi memakai jasa Anda. Jadi latihlah semua pegawai untuk melakukan ini. Tentu saja bila ingin kemauan Anda dituruti, harus mau peduli iklas memberi perhatian kepada karyawan. Memperlakukan dengan baik dan menghormati pekerjaan mereka, membayar gaji tepat waktu, serta reward bila mampu berprestasi menyelesaikan tugas dengan baik dan sesuai DL serta rajin berkerja.

9] Memberikan Garansi Service

 Ini mutlak diberikan kepada mereka yang merasa telah memakai jasa Anda. Pemberian garansi dengan jangka waktu tertentu bila ponsel kembali rusak. Akan membuat percaya, bahwa Anda mempunyai tanggung-jawab dalam menyelesaikan pekerjaan. Memang ini kerja ganda, tapi sudah

10] Memberi Bonus Dan Potongan Harga

 Pemberian bonus atau potongan harga juga menjadi salah satu trik, supaya orang senang dan kembali mengunjungi tempat usaha Anda. Pada umunya momen dilakukan mendekati lebaran. Sedikit berbeda memang dengan bisnis lain, yang pada umunya momen tersebut justru digunakan untuk meraup untung sebanyak mungkin. Namun Anda masih bisa menutupinya dengan bisnis pendamping bukan? Jadi kecil kemungkinan Anda akan mengalami kerugian. Justru yang ada usaha akan semakin maju dan lancar.

11] Berusaha Mengakrabkan Diri

 Anda bisa terus menjalin komunikasi da berusaha mengakrabkan diri, kepada semua orang-orang yang pernah mengunakan jasa Anda dan tidak boleh mengabaikan. Jalinan pertemanan dan persahabatan terbukti sangat ampuh dapat memperlancar lancarnya rejeki. Sebab seorang pebisnis tidak hanya menjual usahanya saja. Akan tetapi attitude juga menjadi bahan pertimbangan tersendiri, orang mau mendekati usaha Anda.

 Meski bisnis tersebut tergolong sulit, bagi mereka yang tidak begitu mengetahui tentang tehnologi. Namun bukan berarti Anda yang awam tidak dapat menekuninya. Bila mempunyai niat dan tekad sungguh-sungguh maka pasti ada jalan. Bisnis tidak dibangun dengan ketekunan dan keuletan.

Sumber: Pejuang Ilmu


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Free Download FL Studio 12 Crack 2016 Serial Key

Perbedaan Input dan Output beserta Contohnya

Microsoft mengkonfirmasikan hal itu tidak membunuh Paint