Apa Itu USB? Pengertian dan Fungsinya




 Apa Itu USB? Pengertian dan Fungsinya | HatsuTech - Hallo guys kali ini saya akan membahas seputar USB. Mungkin kebanyakan kalian sudah sering mendengar kata USB dan mungkin sudah tahu apa yang dimaksud USB tetapi ada juga yang hanya tahu kata USB tetapi tidak tahu apa yang dimaksud USB tersebut. Dengan menulis artike ini saya bertujuan agar kalian yang tidak tahu apa itu usb menjadi tahu. Disini juga saya tidak hanya membahas tentang pengertiannya saja tetapi juga saya akan membahas Fungsi USB, Komponen USB dan juga Cara kerja USB. Bagaimana kita langsung saja membahasnya oke.

#Pengertian USB

 USB atau Universal Serial Bus adalah standar bus serial penghubung, biasanya kepada komputer namun juga digunakan diperalatan lainnya seperti Ponsel, Keyboard, PDA, Dll. Singkatnya yaitu sebuah alat yang dapat menghubungkan berbagai perangkat misalnya menghubungkan Konsol Game ke Komputer dan bisa juga perangkat masukan lainnya seperti Printer, Scanner, Mouse, Dll.

#Fungsi USB

 Fungsi USB yaitu sama seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa USB berguna sebagai alat penghubung untuk menyambungkan beberapa perangkat. Sebenarnya tentu banyak sekali fungsi dari USB ini, namun yang paling terkenal menurut saya yaitu untuk mentarnsfer data dari perangkat 1 ke yang lainnya.

#Cara Kerja USB

  USB pada umumnya memilik 2 Ujung yang berbeda yang disambungkan oleh sebuah kabel yang terdiri dari 4 kabel  yang bewarna kuning, biru, merah dan cokelat. Warna kabel tersebut tidak hanya sebagai hiasan saja warna-warna tersebut memliki fungsi dan cara kerja yang berbeda yaitu Merah dan Cokelat berfungsi mengalirkan daya sedangkan yang bewarna Biru dan Kuning berfungsi untuk mengirimkan data.

#Kelebihan USB

 Berikut ini adalah kelebihan yang dimiliki oleh USB:

Memiliki Kecepatan Yang Lebih Tinggi
 USB memiliki Kecepatan yang lebih tinggi daripada Serial Port ataupun Paralel Port yang hanya mentaransfer bit per bit, dalam USB dipotong-potong dalam paket dengan ukuran 64 Byte.

Plug and Play
 Bersifat Plug and Play jadi bisa langsung dihubungkan tanpa perlu merestart komputer  dan menyetting ketika akan digunakan.

Panjang Kabel
 Panjang kabel USB bisa mencapai sampai 5 Meter (masih bisa ditambah dengan menambahkan USB Hub.

#Kekurangan USB

Panjang Kabel Hanya 5 Meter
Yang Saya Tahu Hanya Itu Saja. Jika Kalian Tahu Silahkan Ditambah Dikolom Komentar.

#Jenis-Jenis USB

USB Type-A



 USB Type-A ini mungkin sudah tidak asing dimata kalian lagi. Pasti kalian sudah sering kalian temui sehari-hari karena USB type ini digunakan diberbagai perangkat PC/Laptop yang sering kalian gunakan. Jika kalian tidak tahu saya akan kasih contoh seperti USB Modem, USB Extender, USB Flashdisk, Dkk.USB ini menjadi USB standar pada PC/Laptop untuk saat ini.

Baca Juga:
USB Type-B



 USB Type-B adalah varian dari dari USB yang digunakan pada peripheral komputer, seperti pada Scanner, Printer, Dkk. Tipe ini bisa kalian lihat pada Smartphone Android.

USB Type-C



 USB ini adalah USB yang sedang populer saat ini, USB ini dapat kalian gunakan tanpa memikirkan posisi Port USB tersebut. Mungkin banyak sekali diantara kalian yang kadang sulit memasukan USB karena kebalik atau tidak sesuai nah USB Type-C ini sangatlah cocok untuk kalian yang sering mengalami kesulitan ini.

 Untuk lebih jelasnya silahkan kalian searching saja lebih lengkapnya di google atau tidak jika ada waktu saya akan menjelaskannya satu persatu.

 Nah itu dia guys sedikit pembahasan tentang USB, mungkin jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar dibawah ini saya akan menjawab sebisa saya. Demikianlah Pengertian USB dan Fungsinya semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.
Terimakasih...
Semoga bermanfaat...

Sumber: Pejuang Ilmu



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Free Download FL Studio 12 Crack 2016 Serial Key

Perbedaan Input dan Output beserta Contohnya

Microsoft mengkonfirmasikan hal itu tidak membunuh Paint