Perbedaan Input dan Output beserta Contohnya

Perbedaan Alat dan Output beserta Contohnya | HatsuIptek - Selamat pagi, siang, sore, malam untuk kalian semua yang ada di dunia ini -_-. Komputer merupakan rangkaian dari beberapa komponen dan periferal. Dalam dunia teknologi mungkin kalian sudah sering mendengar istilah input dan output ata sering dikenal dengan lambang I/O ini adalah sebuah sistem yang bertugas menghubungkan komputer ke komputer.


Periferal

Periferal merupakan segala peralatan yang terhubung dengan komputer. Berdasarkan prosesnya, periferal dibedakan menjadi dua yaitu sebagai berikut.

1. Perangkat masukan (input)
2. Perangkat keluaran (output)

Input

Perangkat masukan atau sering disebut input, merupakan perangkat yang digunakan untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer, Contohnya sebagai berikut.

1. Keyboard


Keyboard merupakan perangkat masukan berupa papan ketik yang berfungsi untuk memasukan data berupa teks melalui kode atau tanda baca, huruf, angka, dan lain-lain. Selain itu keyword dapat digunakan untuk melakukan fungsi operasi suatu program melalui peerintah shortcut. Ada beberapa bagian tombol dalam keyboard, sebagai berikut.

• Typewriter  Keys
Pada bagian ini merupakan bagian yang paling komplit, tombol ini terdiri dari huruf (alphabetic), tombol angka (numeric), tombol tanda baca.
• Control Keys
Bagian control keys sebenarnya terdapat pada blok typewriter keys. Pada bagian ini terdapat tombol-tombol karakter khusus, seperti tombol shift, enter, capslock, tab, ctrl, alt, dan lain-lain.
• Function Keys 
Tombol function keys terdiri dari 12 tombol, yaitu dari F1 sampai dengan F12 yag terletak pada keyboard bagian atas.
• Key Pad 
Tomol-tombol yang terletak dibagian sebelah kanan, yang berisikan angka (numeric) beserta tombol operator aritmatik, seperti perkalian, penjumlahan, pembagian, pengurangan. Selain itu juga terdapat tombol enter, numlock, serta tombol lain yang berfungsi untuk menggerakan kursor. (misal: pgup, pgdn, home, end, fn, prtsc, dll)

2. Alat Penunjuk

Alat penunjuk ada berbagai macamnya yaitu sebagai berikut.

• Mouse

Sesuai dengan namanya, alat ini bentuknya seperti tikus. Berguna untuk menunjuk perintah yang diinginkan secara cepat.
• Trackball
• Touch Screen
• Light Pen
• Unite Remote Control

Baca Juga:


3. Scaner
Scanner yaitu alat yang berfungsi memindai data seperti dokumen, foto, dll. Dan menyimpannya ke komputer menjadi bentuk digital.

4. kamera Digital, Flashdisk, dan lainnya.

Output

Perangkat keluaran atau sering disebut output, merupakan perangkat yang digunakan untuk menampilkan hasil pengolah data atau perintah yang dilakukan oleh komputer, contohnya sebagai berikut.

1. Printer

Alat ini akan menghasilkan output berupa cetakan , yang biasanya dikertas (hardcopy)

2. Speaker

Hasil pemrosesan komputer selain ditampilkan dilayar dan kertas, juga dapat didengarkan. Komputer yang telah menggunakan teknologi multimedia, kalian dapat mendengarkan musik atau lagu yang dihasilkan speaker.

3. Plotter
Plotter merupakan perangkat keluaran sejenis printer namun lebih besar.

4. Monitor, dan Periferal lainnya.

Setting Periferal

Tambahan dari saya setting periferal atau hardware komputer dilakukan dengan menggunakan Contol Panel yang bisa diaktifkan melalui Start > Control Panel maka akan muncul tampilan dari jendela control panel.

Kesimpulan

Kesimpulannya jadi bisa dibedakan dengan jelas jika input memasukan data atau perintah kedalam komputer sedangkan output menampilkan pengolahan data yang yang dilakukan komputer. Secara garis besar, komputer terdiri dari empat komponen penunjang utama, yaitu perangkat masukan (input devices), perangkat pemrosesan (CPU), perangkat penyimpanan (storage device), dan perangkat keluaran (output devices). Demikianlah Perbedaan Input dan Output beserta Contohnya...
Semoga bermanfaat...

Sumber: Pejuang Ilmu

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Free Download FL Studio 12 Crack 2016 Serial Key

Microsoft mengkonfirmasikan hal itu tidak membunuh Paint