Fungsi dan Cara Kerja Jaringan Telekomunikasi

Fungsi dan Cara Kerja Jaringan Telekomunikasi | HatsuIptek - Aspek pertama dari istilah teknologi informasi dan komunikasi adalah teknologi informasi. Teknologi informasi terdiri dari kata teknologi dan kata informasi yang berarti hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dari bagian pengirim ke penerima. Tujuan adanya teknologi informasi agar pengiriman informasi tersebut lebih cepat sampai, lebih luas sebarannya, dan lebih lama penyimpanannya.
Sedangkan aspek yang kedua, teknologi komunikasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses penyampaian informasi dari pengirim dan penerima agar keduanya dapat saling memengaruhi.


Jaringan Telekomunikasi

Ada dua macam media yang digunakan untuk jaringan telekomunikasi, yaitu media kabel (wireline) dan media ta
npa kabel (wireless). Keunggulan jaringan dengan media kabel adalah kondisi jaringannya yang sakan dibangun lebih handal dibanding media tanpa kabel. Tetapi kelemahannya biaya untuk infrastruktur mahal, biaya maintenance atau perawatan juga lebih mahal bila dibandingkan jika menggunakan jaringan tanpa kabel.

1. Jaringan Wireline
Jaringan wireline adalah jaringan dengan menggunakan media kabel, artinya untuk membangun jaringan satu dengan jaringan lainnya diperlukan media penghubung berupa kabel. sebagai contoh jaringan telpon dari PT. Telkom. Jaringan ini tidak memiliki alat pengalih (switching) atau sejenisnya. Jaringan ini biasanya befungsi diantara tempat-tempat yang dihubungkan tersebut secara spesifik.. Jaringan ini dikenal juga dengan sebutan Private Line. Wireline merupakan komunikasi yang dibubungkan dengan sistem jaringan kabel.

2. Jaringan Wireless
Jaringan wireless merupakan jaringan yang tidak memerlukan kebel, sehingga sinyal yang dikirim memanfaatkan gelombang elektromagnetik atau cahaya sebagai medianya. Melalui media nikerbel seperti gelombang elektromagnetik, sinyal mampu melalui media ruang hampa udara dalam area yang luas. Penggunaan jaringan wireless sering kita gunakan adalah jaringan telepon telepon seluler. Hubungan antarpengguna telepon seluler untuk komunikasi memanfaatkan sinyal elektronik yang dipancarkan melalui menara BTS (Base Trasceiver Station) yang dimiliki perusahaan penydia layanan telepon seluler.

Peralatan Teknologi Informasi

Beberapa peralatan yang berhubungan dengan teknologi informasi diantaranya sebagai berikut.

1. Radio

Ide awal penggunaan radio adalah adanya pemikiran untuk berkomunikasi tanpa mennggunakan kabel. Pencetus ide tersebut dimulai oleh James Lindsay pada tahun 1832. Pada saat itu dia menunjukan prinsip-prinsip telegram tanpa kabel. Ide tersebut dikembangkan oleh Guglielmo Marconi untuk menemukan alat yang disebut Radio pada tahun 1895. Radio adalah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik.

2. Komputer

Komputer berasal dari kata tocompute yang artinya menghitung. Memeplajari sejarah komputer pasti tidak akan lepas dari mempelajari sejarah alahitng. Tetapi komputer sekarang adalah satu perangkat elekronika yang dapat menerima data input, memroses data secara aritmatik dan logik, mengeluarkan hasil output dan menimpan hasil kerja.

3. Internet

Internet memiliki kepanjangan dari Interconnected Networking merupakan sebuah jaringan yang sangat besar yang menghubungkan komputer-komputer diseluruh dunia. Pada saat ini internet merupakan sumber informasi yang banyak digunakan karena dapat diakses dimana saja dan kapan saja asalkan terdapat jaringan yang memadai.

Peralatan Teknologi Komunikasi

Beberapa peralatan yang berhubungan dengan teknologi komunikasi diantaraanya sebagai berikut.

1.Telepon

Kata telepon berasal dari kata tele yang artinya jauh dak kata phone yang berarti suara. Jadi telepon adalah alat telekomunikasi jarak jauh yang dapat mengirimkan suara melalui sinya listrik. Sebuah perangkat yang terdiri dari enam bagian utama. Gagang, dialing circuit (DTMF tone or Rotary), bel, mikrofon, speaker, dan kabel penghubung gagang dengan badan utama. Telepon dapat digunakan untuk bertelekomunikasi antar pengguna yang jaraknya berdekatan maupun berjauhan.

2. Faximile

Faxmile atau Fax merupakan mesin yang mengerjakan proses scan terhadap sebuah halaman hasil cetakan dan mengubahnya menjadi sinyal yang ditranmisikan melalui sebuah saluran telepon menuju ke sebuah mesin penerima fax. Jadi, faximile ini merupakan alat sejenis pesawat teleponyang memiliki fasilitas untuk bisa mengirim tulisan atau gambar.

3. Telepon Seluler

Telepon seluler atau ponsel adalah alat komunikasi tanpa kabelyang mengirim sinyal suara melalui gelombang radio. Agar jangkauan jaringan ponsel menjadi lebih luas, maka didirikan menara BTS untuk memperkuat sinyal, sehingga daerah di sekitar menara BTS dapat dapat berkomunikasi melalui ponsel, saat ini dengan terus berkembangnya teknologi ponsel, ponsel tidak hanya digunakan berkomunikasi saja namun digunakan untuk multimedia seperti melhat film, memotret serta memuat dokumen.

Modem dan Teknologi Satelit


1. Cara Kerja Modem 
Modem kepanjangan dari Modulator Demodulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan), sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan keduanya, maksudnya modem adalah alat komunikasi dua arah.

2. Telekomunikasi  Satelit
Satelit merupakan peralatan yang dibuat oleh manusia untuk diorbitkan mengikuti orbin perputaran bumi dan difungsikan untuk membantu manusia dalam sistem penginderaan jarak jauh dan pemanfaatan pancaran gelombang elektromagnetik. Kekurangan adalah delay atau latency dalam aplikasi internet dapat diatasi dengan menggunakan beberapa teknikseperti TCP Extention, TCP Spoofing.

Jaringan telekomunikasi satelit adalah jaringan komunikasi tanpa kabel yang menggunakan satelit yang berfungsi sebagai pemancar, penerima dan penguat. Sitem komunikasi ini menggunakan gelombang sebagai pengantar datanya.

Penutup

Nah itu dia sedikit penjelasan tentang jaringan telekomunikasi bila ada kesalahan mohon untuk dimaafkan hehehe. Demikianlah Fungsi dan Cara Kerja Jaringan Telekomunikasi...
Semoga bermanfaat...

Sumber: Pejuang Ilmu

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Free Download FL Studio 12 Crack 2016 Serial Key

Perbedaan Input dan Output beserta Contohnya

Microsoft mengkonfirmasikan hal itu tidak membunuh Paint